5 Tugas Utama Manajemen dan Administrasi Gudang

manajeme di gudang

Administrasi gudang merupakan salah satu bagian dari manajemen gudang bisa disebut juga warehouse management. Tambahan lagi, manajemen gudang adalah salah satu aspek dari manajemen rantai pasokan (supply chain). Yang artinya, berbagai contoh administrasi gudang akan memengaruhi fulfillment pesanan, mulai dari penyimpanan sampai dengan pengiriman ke konsumen.

Maka dari itu, fungsi administrasi gudang berkaitan erat dengan fungsi manajemen rantai pasokan. Secara spesik, administrasi gudang berfungsi untuk pengawasan manajemen stok dalam sebuah bisnis. Administrasi gudang juga bertugas untuk menjalin komunikasi dengan pihak supplier hingga jasa ekspedisi untuk pengiriman ke pelanggan.

Berikut contoh administrasi gudang dari segi bidang pekerjaannya.

Tracking Persediaan di Gudang

Tujuan tracking persediaan di gudang agar anda tahu dengan pasti berapa jumlah stok yang ada di gudang. Dengan begitu anda juga tahu pasti berapa stok yang bisa kamu jual kepada pembeli. Jadi, akurasi data stok sangat penting agar anda tidak salah mengupdate stok barang di toko anda. Apalagi jika toko anda sudah besar, penjualan sudah meningkat, dan turnover persediaan barang jadi lebih cepat.

Picking dan Pengemasan Barang

Picking yaitu merupakan proses pengambilan barang berdasarkan pesanan yang masuk. Sudah pasti barang yang diambil harus sesuai dengan pesanan pembeli. Selain picking, administrasi gudang juga mengurusi soal pengemasan alias packing barang pesanan.

Penerimaan dan Penyimpanan Barang

Segala jenis gudang yang tepat harus memiliki titik atau area penerimaan barang persediaan yang baru saja datang. Setelah diterima, persediaan kemudian akan disimpan ke lokasi penyimpanan. Proses ini merupakan administrasi yang krusial. Sebabnya, dalam proses penerimaan hingga penyimpanan barang juga terdapat proses pencatatan aliran masuk persediaan yang dapat dilakukan dengan cara scan jika anda sudah menggunakan aplikasi di dalam manajemen persediaan.

Pengiriman Barang

Administrasi gudang juga berkaitan erat dengan pengiriman barang kepada pembeli. Setelah pesanan dikemas, staf administrasi gudang akan menjadwalkan pengiriman barang dengan pihak jasa ekspedisi yang telah dipilih untuk bekerjasama. Selain itu, administrasi gudang juga mengurus soal update nomor resi pengiriman kepada pembeli. Dengan begitu, pembeli bisa melacak dan meng-update status pengiriman barang secara langsung. 

Penyusunan Laporan Pergudangan

Hal berikutnya yang harus dilakukan staf administrasi gudang adalah penyusunan laporan administrasi gudang. Anda mungkin sudah melihat berbagai contoh laporan administrasi gudang, seperti laporan persediaan masuk dan keluar. Akan tetapi, selain laporan yang berkaitan langsung dengan stok barang, administrasi gudang juga harus bisa membuat laporan terkait dengan proyeksi hingga laporan biaya operasional gudang.

Administrasi gudang bukanlah tugas yang sederhana, karena tugas ini butuh dedikasi waktu dan tenaga yang bisa jadi terasa sulit untuk anda lakukan saat amda baru saja merintis bisnis. Sebab, waktu anda terbatas dan anda mungkin belum bisa menambah karyawan untuk menangani administrasi gudang.

Baca juga: Pentingnya Manajemen Gudang Biar Gak Repot Kelola Banyak Barang

Leave a Reply