FULFILLMENT CENTER MEMBANTU PERTUMBUHAN E-COMMERCE

Bisnis usaha online saat ini sedang dihadapi oleh kesempatan untuk mempercepat pertumbuhan secara luar biasa hingga beberapa bulan/ tahun kedepan. Tetapi, anda juga harus memiliki atau menggunakan jasa fulfillment center (tempat pemenuhan barang) yang cukup kuat untuk membantu pertumbuhan tersebut, atau kesempatan ini akan menjadi sia-sia.

Lincoln International baru saja mempublikasikan artikel menarik tentang gangguan dalam bisnis usaha online semenjak pandemi COVID-19 ini terjadi. Artikelnya sangat menarik untuk dibaca.

1. Covid-19 Sangat Berdampak Baik Bagi Penjualan & Kredibilitas E-Commerce
Check point di setiap daerah yang sudah di tentukan

Banyaknya informasi untuk memerangi Covid-19 telah mengubah alur penjualan online secara signifikan. E-Commerce awalnya dianggap sebagai penggangu dalam proses transaksi belanja tradisional, sekarang menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia.

Banyak konsumen pengguna e-commerce yang mengaku mengalami peningkatan untuk berbelanja online selama pandemi, karena selama masa Covid-19 ini banyak orang-orang takut keluar rumah dan menjalankan semua aktifitas termasuk belanja melalui online.

Konsumen yang sebelumnya masih kurang percaya untuk menggunakan e-commerce, hari ini mau tidak mau harus mengandalkan e-commerce karena merupakan pilihan satu-satunya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi ini.

2. Pertumbuhan E-Commerce Saat Ini Sudah Sesuai Dengan Prediksi, Tetapi Hal Ini Terjadi Jauh Lebih Cepat Dari Apa Yang Diperkirakan

Artikel Lincoln International memprediksi kalau e-commerce sedang berada di posisi yang baik untuk pertumbuhan, bahkan sebelum terjadinya Covid-19. e-commerce terbukti sebagai suatu saluran penjualan yang tangguh dan mampu terus berkembang, walaupun sering mengalami gejolak penjualan dan juga tekanaan ekonomi.

Hal ini dilihat dari grafik penjualan e-commerce yang mencapai hampir dua kali lipat di tahun 2014 dan 2019. Tetapi pertumbuhan tersebut sangat tidak sebanding dengan peningkatan penjualan luar biasa yang dialami banyak penjual online sejak kebijakan penutupan (lockdown-negara luar/ PSBB-di Indonesia).

Di waktu yang sama, penjual ritel offline mengalami pukulan yang sangat besar akibat pandemi. Banyak toko dan pengusaha besar yang sedang mempersiapkan kebangkrutan.

Hasilnya, perubahan dalam perilaku pembelian konsumen yang seharusnya terjadi dalam beberapa tahun mendatang, telah terjadi saat sekarang ini. Hal ini tentunya memberikan tekanan lebih pada fulfillment center dan juga infrastruktur logistik para pelaku e-commerce.

3. Konsumen Akan Terbiasa Menggunakan E-commerce

Artikel Lincoln International menyarankan, saat konsumen sudah terbiasa menggunakan e-commerce, tentunya akan ada momentum pola pembelian yang luar biasa. Saluran penjualan online mampu mempertahankan bisnis yang baru saja terjun di dunia e-commerce.

Dalam Covid-19 ini, e-commerce sudah membuktikan bahwa bisnis berbasis online tidak rentan dan kuat menghadapi rintangan dalam menjaga pasokan tetap stabil. Tidak seperti bisnis tradisional yang hanya berbasis saluran offline.

4. Saatnya Untuk Menggunakan Fulfillment Center
Kegiatan di gudangku.id

Yang anda pikirkan pasti: e-commerce merupakan kesempatan masa depan yang cukup terang dan anda sudah merencanakannya dengan matang sejauh ini.

Tetapi, apa masalahnya? Anda harus membereskan terlebih dahulu strategi pemenuhan barang dan distribusi yang sudah di rencanakan sebelumnya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu anda pikirkan lebih:

  • Apakah proses pemenuhan barang di fulfillment center yang anda gunakan jasanya mampu memegang kendali apabila terjadi peningkatan penjualan secara besar?
  • Apakah fulfillment center yang anda gunakan jasanya memiliki ruang yang cukup dan memiliki proses yang otomatis? Dan juga mampu memenuhi pesanan dalam jumlah yang besar?
  • Apakah anda melakukan pendekatan tentang pemenuhan barang di fulfillment center yang anda gunakan jasanya cukup untuk memungkinkan bisnis anda terkendali di masa depannya?

Poin terakhir sangat penting, sekarang adalah waktunya untuk memeriksa apakah fulfillment center dan infrastruktur logistik (jaringan gudang, solusi dan sistem pengiriman) yang anda gunakan jasanya mampu untuk mendukung peluang pertumbuhan yang luar biasa ini.

Jika anda merasa belum siap dan memerlukan bantuan dalam hal ini, GUDANGKU.ID bisa menjadi solusi bagi bisnis e-commerce anda. Lihat disini

GUDANGKU.ID merupakan solusi bagi para pemilik bisnis dalam memperluas skala bisnis dengan mengatasi hambatan manajemen bisnis seperti sistem pengelolaan gudang, ruang penyimpanan, tenaga kerja hingga distribusi kepada customer melalui proses yang telah mengikuti prosedur industri dan manajemen gudang yang terintegrasi.

Kehadiran GUDANGKU.ID memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelaku bisnis dalam mengelola sistem operasional sehingga pelaku bisnis dapat fokus dalam mengembangkan produk dan memperluas jangkauan permintaan.

Berbagai skala bisnis, mulai dari E-commerce di semua marketplace, toko online di seluruh media sosial, brand resmi, toko online yang ingin memperbesar sistem operasional dan permintaan customer, dapat bekerjasama dengan GUDANGKU.ID.

Leave a Reply