Fulfillment dan e-Fullfilment

gudang di gudangku

Semakin banyak penjual online dan semakin tinggi pendapatan dengan berjualan secara online, membuat persaingan semakin ketat. Untuk menutupi kekurangan dari penjualan online dan mengoptimalkan penjualan online, banyak pihak ketiga yang hadir memberikan solusi untuk mengembangkan bisnisnya. Termasuk fitur fulfillment.

Salah satu jenis fitur yang masih baru dan masih hangat dibicarakan adalah fitur layanan fulfillment, fulfillment Indonesia, dan sejenisnya. Di artikel ini akan dibahas secara singkat namun jelas mengenai fulfillment service Indonesia dan e-fulfillment.

Pengertian Fulfillment

Fulfillment adalah tempat penyimpanan barang atau produk sementara untuk dikelola oleh pihak gudang fulfillment. Jasa fulfillment ini adalah istilah baru dalam dunia logistik di sektor Business To Business (B2B) atau bisa juga untuk Business To Consummer (B2C).

Proses yang dicangkup oleh pengerjaan fulfillment service adalah dimulai dari masuknya orderan, pengemasan hingga pengiriman oleh pihak ketiga fulfillment center tersebut.

Pada umumnya dalam memenuhi permintaan pembelian orderan bukan hal yang mudah dilakukan. Pada saat orderan melonjak tinggi di musim tertentu, tidak jarang perusahaan akan kewalahan untuk memenuhi orderan tersebut. Sehingga untuk menutupi kekurangan ini akan diperlukan biaya operasional yang lebih tinggi lagi dikarenakan pengerjaan sumber daya manusia akan ditambah.

Pengertian e-Fulfillment

Selain fulfillment, ada juga yang disebut dengan e-Fulfillment. Perbedaan pada kedua hal tersebut adalah e-Fulfillment sudah dikhususkan untuk untuk melayani jasa yang berbentuk digital seperti marketplace e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID dan Bukalapak. Sedangkan fulfillment bisa diaplikasikan untuk hal lain selain untuk marketplace e-commerce di Indonesia saja.

Contoh erusahaan fulfillment yaitu GUDANGKU, GUDANGKU merupakan solusi penyimpanan dan pengiriman secara mudah, aman dan tepat.

Mengapa Fulfillment GUDANGKU?

1. Menghemat Waktu

Gudangku membantu pemilik bisnis menghemat waktu dalam sistem operasional seperti penyimpanan barang, pengemasan barang, penjagaan kualitas, dan pengiriman barang sampai ke konsumen. Pemilik bisnis dapat fokus pada strategi penjualan, mengembangkan bisnis, dan memenuhi permintaan konsumen.

2. Efektivitas biaya

Gudangku membantu pemilik bisnis mengurangi biaya operasional seperti tenaga kerja, ruang penyimpanan, dan sistem operasional lainnya. Transparansi biaya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik bisnis dan permintaan order.

3. Mudah, aman, dan cepat

Sistem yang terintegrasi memiliki kemampuan merampingkan, meringkas, melindungi dan mempercepat proses pemenuhan order dan juga operasional bisnis. Hal ini membantu mempercepat sistem operasional dengan aman, mudah, dan mengurangi faktor human error atau resiko sistem lainnya. tersebut.

4. Transparansi Data

Gudangku melakukan kerjasama secara transparan 100% dengan pemilik bisnis seperti data stok inventaris barang, proses pengiriman, dan biaya secara keseluruhan. Sistem operasional terdata secara terperinci dengan memberikan kode serial number pada setiap item, sehingga proses FIFO dan FEFO dapat dilakukan untuk menjaga kualitas barang

Leave a Reply