Hal Yang Paling Ditunggu Saat Lebaran

Hari yang paling ditunggu setelah sebulan lamanya berpuasa adalah Hari Raya Idul Fitri. Semua pasti bergembira menyambut datangnya hari penuh kemenangan ini. Umat muslim memang begitu menunggu-nunggu datangnya hari raya ini. Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa kita sebut Lebaran.

Banyak moment yang hadir saat hari kemenangan ini. Moment ini hanya terjadi setahun sekali dan tentunya sangatlah berkesan. Hal apa saja yang biasanya kamu tunggu-tunggu?

1. Mudik

Darah perantau begitu lekat dengan bangsa Indonesia, banyak sekali orang yang meninggalkan kampung halaman dan mengais rezeki di kampung orang. Hal ini bahkan telah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu, di mana momen Lebaran menjadi sebuah waktu berharga bagi para perantau untuk pulang ke kampung halaman.

Mudik, tradisi yang sangat menakjubkan, bahkan mungkin Indonesia telah menjadi sebuah negara dengan masyarakat yang paling banyak melakukan perjalanan pulang kampung di musim Lebaran. Tidak tanggung-tanggung, puluhan juta orang akan bepergian dan menyeberang pulau yang satu ke pulau lainnya, bayangkan betapa mudik telah menjadi sebuah tradisi yang sangat besar dan masih selalu dijalankan hingga saat ini.

2. Pembagian Angpau

Berkeliling ke rumah tetangga itu juga salah satu moment yang jarang sekali terjadi pada hari biasa. Di Lebaran ini, kita akan saling mengunjungi rumah satu sama lain untuk bermaaf-maafan dan mencicipi sajian yang dihidangkan. Moment yang paling ditunggu anak kecil setelah menikmati sajian yang dihadangkan biasanya saat pulang karena kita akan diberi oleh-oleh berupa angpau oleh pemilik rumah.

3. Baju Baru

Sudah menjadi mindset orang Indonesia, kalau Lebaran selalu identik dengan baju baru atau juga barang baru yang bisa dipakai. Ini melambangkan sesuatu hal yang baru, lekat dengan makna dari lebaran yaitu memulai sesuatu yang baru. Maka wajar saja bila saat Lebaran, sebagian orang membeli pakaian baru untuk dipakai saat momen Lebaran. Jika anda ingin mencari baju baru yang sesuai dengan keinginan, anda bisa banyak mencari refrensinya di google.

4. Ketupat

Lebaran dan ketupat tentu telah menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Panganan khas lebaran ini biasanya akan disajikan bersama opor, rendang, semur, kerupuk udang dan beberapa jenis tambahan lainnya. Meski terbilang memiliki cara penyajian yang berbeda-beda pada tiap daerah di Indonesia, namun ketupat telah menjadi sebuah penganan wajib yang selalu disajikan ketika perayaan Lebaran.

Ketupat Lebaran akan menjadi sebuah sajian yang sangat istimewa, sebab hampir semua keluarga akan menyantapnya dengan bahagia, di mana seluruh atau sebagian besar anggota keluarga bisa berkumpul dan menikmatinya bersama-sama. Tak lengkap rasanya melewati Lebaran tanpa sajian ketupat, karena ketupat adalah sajian khas yang wajib disantap di momen yang indah tersebut.

5. Saling Berkirim Makanan

Hantaran, begitu masyarakat Sumatra mengenal tradisi yang satu ini. Namun bukan hanya di sana saja, tradisi saling bertukar makanan ini juga dijalankan oleh hampir semua wilayah di Indonesia. Hal ini biasanya dilakukan kepada saudara, keluarga, tetangga, kerabat, atau bahkan mereka yang kurang beruntung dari kita.

Tradisi ini mengajarkan kita untuk selalu berbagi dan menjalin silaturahmi dengan para kerabat dan yang lainnya, dengan begitu hubungan baik akan tetap terjaga. Sebagian wilayah melakukan tradisi berkirim makanan ini di waktu-waktu sebelum berbuka puasa pada hari terakhir puasa, sebab biasanya sajian Lebaran telah disiapkan di hari ini.

6. Petasan

Tradisi menyalakan petasan pada hari lebaran dinilai berbahaya, sebab secara resmi penggunaan petasan telah dilarang oleh pemerintah. Namun, petasan di Hari Lebaran telah menjadi sebuah tradisi yang sulit dihilangkan, petasan menjadi warna tersendiri di hari Lebaran.

Sebagai pengganti petasan, masyarakat mengunakan kembang api untuk menambah semaraknya pesta kemenangan umat Islam. Hal ini karena kembang api tidak menimbulkan ledakan layaknya petasan yang dapat membahayakan. Akan tetapi, harus hati-hati Anda juga dalam bermain kembang api.

Wah sangat menarik ya Hal Yang Paling Ditunggu Saat Lebaran. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips atau info lainnya, kamu bisa nih baca artikel kita di https://gudangku.id/artikel/.

Leave a Reply