Macam-Macam Jenis Gudang dan Fungsinya

Pergudangan

Gudang yaitu bangunan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan, bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan sementara atau selamanya.

Jenis gudang ada beberapa yang mempunyai struktur bangunan untuk mendukung truk-truk pemasok datang mengirim barang untuk dikirim ke pelanggan.

Tetapi ada beberapa jenis gudang juga yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Jika anda memiliki usaha dan butuh tempat untuk menyimpan barang, maka anda harus tahu jenis-jenis gudang tersebut.

Berikut ini adalah beberapa gudang berdasarkan jenisnya:

1. Gudang Pribadi

Yang pertama adalah gudang yang biasanya digunakan oleh para reseller yang dimanfaatkan untuk memudahkan mereka untuk mendistribusikan barang.

Sebagai contoh, perusahaan kosmetik mempunyai gedung berukuran besar yang merupakan gudang regional. Di dalamnya ada beberapa pedagang grosir untuk mengoperasikan stok barang agar sampai ke tempat distribusi mereka.

2. Gudang Otomatis

Zaman sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dan menjangkau seluruh aspek kehidupan. Sekarang juga ada gudang yang dinamakan sebagai gudang otomatis, di dalam gudang ini sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih berteknologi tinggi.

Salah satu contoh dari teknologi itu adalah robot di dalam gudang, yang bisa membantu mempermudah manusia di dalam mengoperasikan gudang tersebut.

Selain robot ada juga alat canggih lainnya yang bernama conveyor belt. Alat ini digunakan sebagai pengangkut barang sehingga meminimalisir kebutuhan SDM atau Sumber Daya Manusia.

3. Gudang Umum

Gudang umum merupakan bangunan yang disewa untuk keperluan penyimpanan dan distribusi dalam jangka pendek.

Jenis gudang ini kerap dimanfaatkan oleh perusahaan yang telah memiliki gudang sendiri. Jadi, gudang umum ini hanya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan saja.

4. Gudang Yang Memiliki Pengaturan Suhu

Gudang yang satu ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan produk khusus, misalnya freezer yang digunakan menyimpan bahan baku.

Lingkungan gudang ini diatur oleh suhu. Tujuannya untuk menjaga agar kelembapan udara tetap sesuai dengan kebutuhan.

Anda yang memiliki gedung jenis ini harus mengetahui berapa ukuran suhu yang terbaik untuk produk anda, karena setiap produk mempunyai standar pengaturan suhu yang berbeda.

5. Gudang Pusat Distribusi

Jenis gudang yang kelima ini dari namanya sudah tahu bahwa jenis gudang ini difungsikan sebagai tempat distribusi.

Gudang ini dipakai sebagai tempat penyimpanan barang untuk jangka waktu yang tidak lama. Berbagai produk yang diperoleh dari semua pemasok akan disimpan terlebih dahulu disini.

Setelah itu, dari gedung pusat distribusi barang-barang tersebut akan dikirim ke pelanggan. Alur pada umumnya, menyimpan produk yang datang di pagi hari dan mendistribusikannya di malam hari.

Gudang Berdasarkan Fungsinya

1. Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan Bahan Baku

Gudang ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan bahan baku pasca proses produksi telah selesai.

Lokasi gudang tidak akan jauh dari tempat produksi. Karena memang selesai produksi barang-barang tersebut akan dibawa ke gedung penyimpanan bahan baku.

Beberapa bahan baku yang biasanya disimpan disini yaitu biji besi, karet, material, beton, dan lain sebagainya.

2. Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan Barang Setengah Jadi

Jenis gudang berdasarkan fungsi selanjutnya adalah gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang setengah jadi.

Anda harus tahu ketika anda menyewa gudang jenis ini biasanya harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Alasannya karena gudang ini memerlukan tenaga dan waktu yang ekstra dalam pelabelan untuk seluruh produk yang masuk.

3. Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan Bahan Jadi

Jenis gudang yang ketiga adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan barang-barang hasil produksi. Untuk pembayaran jenis gudang ini biasanya anda akan dikenakan bisaya sewa perbulan atau perminggu tergantung kesepakatan antara pemilik gudang dengan penyewa.

Barang-barang yang sudah siap didistribusikan akan terlebih dahulu disimpan di gudang ini. Kemudian barang-barang tersebut akan dikirimkan berdasarkan kebutuhan konsumen.

4. Gudang sebagai Pusat Konsolidasi Serta Transit

Gudang yang satu ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk transir serta konsolidasi. Barang-barang yang diperoleh dari pusat kemudian akan digabungkan terlebih dahulu. Selanjutnya barang tersebut akan diteruskan untuk diberikan kepada para konsumen.

5. Gudang Cross Docking

Sebuah gudang yang digunakan oleh para jasa ekspedisi untuk memindah muatan antara satu truk ke truk yang lainnya, maka gudang tersebut disebut sebagai gudang cross docking.

Sebuah gudang yang lebih efisien serta mampu digunakan dalam proses pemindahan barang secara cepat. Untuk biaya sewa gudang cross docking lebih murah dibandingkan dengan jenis gudang yang lainnya.

6. Gudang Sebagai Tempat Transhipment

Fungsi gudang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gudang yang digunakan sebagai pusat transit atau gudang cross docking.

Gudang ini dipakai sebagai tempat penyimpanan berbagai macam barang yang berukuran besar. Setelah barang tersebut selesai dilakukan pembagian atau proses sortir dengan membaginya ke jumlah yang lebih kecil, maka barang tersebut sudah siap dikirim ke konsumen.

7. Gudang Fulfillment

Gudang fulfillment ini di desain untuk mengelola permintaan pengiriman barang dengan volume besar. Misalnya gudang yang dikelola oleh perusahaan e-commerce.

8. Gudang Untuk Kepentingan Publik

Tidak hanya ada jenis gudang yang disewakan, melainkan ada juga gudang yang dikelola oleh negara. Salah satunya adalah gudang bulog yang digunakan sebagi tempat penyimpanan beras, baik dari bantuan bencana atau milik tentara.

Baca juga: Pentingnya Manajemen Gudang Biar Gak Repot Kelola Banyak Barang

Leave a Reply