Pentingnya Manajemen Gudang Biar Gak Repot Kelola Banyak Barang

gudang di gudangku.id

Mempunyai bisnis yang membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan produk memang diharuskan untuk menggunakan sistem gudang yang bernama manajemen pergudangan. Anda tidak ingin setiap produk yang disimpan di gudang jadi berantakan hanya karena tidak adanya sistem untuk mengaturnya. Salah satu alasan penting manajemen gudang yaitu untuk mencegah kerugian bisnis anda. Baca sampai tuntas penjelasan lebih lengkapnya.

Manajemen Pergudangan

Yang dimaksud dengan manajemen pergudangan yaitu sebuah sistem atau metode mengelola mengelola barang masuk, barang keluar, dan penyimpanan yang prosesnya dilakukan di gudang dengan menggunakan pencatatan data yang baik. Warehouse Management System (WMS) juga menguntungkan bisnis. Sebab, dengan menggunakan itu untuk laporan bisnis anda akan dapat menganalisis informasi terkait stok produk dan mengembangkan bisnis.

TIdak hanya bisnis jasa dan bahkan usaha yang baru dirintis, manajemen pergudangan dalam bisnis ritel juga ada gunanya. Karena bisnis ritel merupakan jenis bisnis yang menjual produk satuan kepada konsumen, maka stok produk yang dimiliki, harga jual, dan informasi lainnya perlu dicatat agar tidak salah ketika sudah sampai di tangan konsumen.

Pada era sekarang ini sudah terdapat gudang otamatis. Gudang otomatis yaitu gudang yang dikelola oleh robot dan mesin canggih. Walaupun dikelola dengan robot dan mesin canggih, anda tidak dapat mengandalkan keseluruhan pada teknologi tersebut. Tetap saja harus memerlukan manajemen pergudangan jika sewaktu waktu terjadi kesalahan teknis.

Proses pergudangan ada beberapa hal, seperti pengaturan tata letak barang, penerimaan, pengiriman, packaging, pengaturan kebersihan gudang maupun karyawan, stock opname, dan pengecekan produk. Dalam hal pengecekan diperlukan adanya pemisahan antara produk yang merupakan stok lama dengan stok baru. Tujuannya untuk mempermudah dalam pemilihan serta input data.

Fungsi Warehouse

Berbicara tentang warehouse atau gudang itu terdengar seperti tidak penting. Akan tetapi gudang menyediakan anda suatu tempat untuk mengelola produk dengan rapi dan efisien. Bayangkan jika anda mendapat banyak pengiriman barang, lalu anda tidak memiliki tempat atau tidak tau mau diletakkan dimana. Anda pasti tidak akan meletakkannya dirumah. Nah! Maka dari itu, gudang merupakan elemen penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi warehouse.

Mengumpulkan Produk

Gudang sebagai tempat penyimpanan produk, yang berarti gudang memiliki fungsi mengumpulkan. Dalam sebuah gudang tersebut, pasti terdapat sejumlah produk. Contohnya produk yang sedang dalam proses pengecekkan.

Pengiriman

Dengan adanya penetapan jadwal untuk setiap barang yang dikirim ataupun diterima, maka gudang berfungsi sebagai tempat untuk mengontrol barang tersebut sebelum menemui tahapan selanjutnya.

Penggabungan

Di gudang ada proses yang dinamakan dengan inbound dan outbound consolidation. Inbound merupakan proses penyimpanan barang di ruang yang aman dengan temperatur yang diatur secara berkala sebelum ke tahap produksi. Sedangkan dalam proses outbound, terjadi pengecekan ulang sebelum barang diterima oleh konsumen.

Good Care of Product

Salah satu alasan pentingnya gudang bagi perusahaan yaitu untuk menjaga keaslian atau kualitas dari tiap produk yang disimpan. Didalam gudang pun produk harus dirawat dengan baik. Maka dari itu proses pemisahan stok yang mengalami kecacatan ataupun siap dikirim pada konsumen juga diperlukan di bagian perawatan ini.

Proses Packaging

Pada umumnya, gudang dijadikan tempat untuk membungkus produk yang akan dikirim pada konsumen. Sebab itu dengan adanya gudang, proses packaging akan terkelola dengan baik.

Meminimalisir Risiko Kerugian

Sebagai contoh, produk yang tidak terdata beserta harga jual ataupun stok produk yang ready to send dengan yang mengalami kecacatan. Semua hal tersebut tentunya akan sangat merugikan bisnis anda jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, manajemen pergudangan dapat mengurangi risiko kerugian karena anda yang memahami seluruh informasi tentang produk di gudang.

Say No to Fraud

Munculnya kecurangan ataupun penipuan bukan merupakan kemungkinan yang kecil. Tapi, dengan adanya manajemen pergudangan, Anda bisa mengontrol produk, stok, ataupun harga. Lagipula, kecurangan akan segera diungkap karena Anda mampu membandingkan antara data dengan kesediaan produk secara fisik. So, say no to fraud pakai WMS!

Real-Time Information

Dengan mengetahui secara detail informasi terkait proses bisnis yang terjadi di gudang, ini akan membantu Anda dalam decision-making sebagai penentu perkembangan bisnis ke depannya. Misalnya, Anda kehabisan stok suatu barang, lalu Anda catat di laporan WMS bahwa Anda membutuhkan sekitar 10 stok barang tersebut untuk memenuhi permintaan konsumen. Sehingga, Anda bisa memutuskan untuk re-order kepada supplier.

Produktivitas Pekerja

Dalam WMS atau manajemen pergudangan, dibutuhkan adanya SOP atau Standard Operational Procedure. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja para pekerja yang bekerja di gudang. Dengan begitu, mereka tidak akan meninggalkan kewajibannya karena prosedur kegiatan sudah tertera di SOP.

Mempengaruhi Pelayanan Konsumen

Tidak perlu berlama-lama lagi, deh, dalam pengelolaan gudang sebab adanya manajemen pergudangan. Tentunya, WMS bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan konsumen sebab permintaan yang datang akan segera diproses dengan laporan yang akurat. Termasuk di dalamnya barang produksi, harga jual, barang yang dikirim, semuanya akan lebih cepat.

Proses Pergudangan

Yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah proses pergudangan. Bagaimana semuanya bisa berjalan dengan lancar hingga barang sampai kepada konsumen akhir. Berikut tahapannya.

Inbound Process

Pertama-tama, produk akan dikirimkan dari penjual ke gudang ataupun fulfillment. Namun, sebelum sampai di sana, produk sudah terlebih dahulu mengalami proses quality check serta kecocokan stok sesuatu dengan surat-surat yang ada.

Sistem Gudang

Dalam gudang atau fulfillment, terdapat pengecekan ulang dengan menggunakan WMS atau manajemen pergudangan. WMS terdiri atas tata letak, penyimpanan barang untuk mempertahankan kualitas, pengelolaan stok penerimaan serta pengiriman barang. Setelah itu, produk akan dikirimkan kepada marketplace jika seller ingin memasarkan produk tersebut lewat marketplace.

Outbound Process

Di proses terakhir ini, produk telah siap untuk dikirim kepada konsumen akhir, baik melalui marketplace itu sendiri maupun gudang/fulfillment. Tinggal menunggu review dari konsumen.

Baca juga: Gudang Online

Leave a Reply