Strategi Pemenuhan Pesanan (Order Fulfillment) Untuk Bisnis

Order Fulfillment

Saat ini semakin banyak toko fisik yang berpindah ke dalam dunia online untuk memasarkan produk dagangannya. Di tahun 2017, industri e-commerce bisa menghasilkan $2.3 triliun penjualan dan diproyeksikan akan mencapai $4.5 triliun di tahun 2021 ini. Setiap tahun e-commerce dapat menyumbang 10% penjualan toko ritel, dari jumlah tersebut masih bisa berkembang hingga 15% setiap tahunnya.

Semenjak internet menjadi lebih mudah di akses, setiap konsumen di seluruh dunia tentunya lebih banyak memilih untuk berbelanja secara online daripada harus pergi ke tokonya langsung. Apalagi saat musim pandemi sekarang ini, tingkat konsumen berbelanja secara online pasti akan lebih meningkat. Penjual ritel online saat ini memiliki kesempatan besar untuk menggunakan tren yang berkembang dengan menyajikan hal yang mereka inginkan. Contohnya, akses yang mudah untuk mendapatkan produk yang diinginkan, pengiriman yang cepat, dan juga layanan konsumen yang cepat serta tanggap.

Mengoptimalkan proses dan strategi pemenuhan pesanan (order fulfillment) merupakan kunci dalam meminimalkan pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan serta kepuasan dari konsumen anda.

Hal yang Termasuk dalam Pemenuhan Pesanan (Order Fulfillment)

Pemenuhan pesanan merupakan tulang punggung dari setiap bisnis, termasuk bisnis yang berbasis e-commerce. Dibandingkan dengan menawarkan layanan tertentu, anda dapat secara langsung menjual produk dari bisnis anda kepada konsumen. Strategi yang anda gunakan untuk melakukan pemenuhan pesanan konsumen juga mempengaruhi setiap aspek dari pendapatan dan keuntungan hingga kepuasan konsumen. Karena itulah hal ini butuh anda pertimbangkan dan lakukan dengan hati-hati.

Sebelum memasuki penjelasan yang lebih dalam tentang berbagai strategi pemenuhan pesanan yang beragam, berikut ini beberapa tahapan berbeda dalam proses pemenuhan pesanan konsumen:

  • Penerimaan (Receiving)

Tahap pertama dari proses pemenuhan pesanan adalah penerimaan dari inventaris anda. Jika anda memenuhi pesanan dalam rumah, anda dapat menerima atau memproduksi produk anda sendiri.

  • Penyimpanan (Storage)

Inventaris penyimpanan yang baik merupakan kunci dalam berbisnis e-commerce karena anda perlu menemukan, mengakses, dan mengirimkan produk anda secara cepat dan efisien kepada konsumen.

  • Pemrosesan (Processing)

Pemrosesan produk ini terdiri dari penerimaan pesanan dan pengambilan berbagai langkah tepat untuk memenuhinya.

  • Pengambilan (Picking)

Langkah pertama dari pemrosesan pesanan yaitu pengambilan. Hal ini merupakan pengambilan yang mengumpulkan beberapa produk untuk satu pesanan yang sama dari tempat penyimpanannya.

  • Pengemasan (Packing)

Setelah produk diambil, hal tersebut lalu dikelompokkan sesuai pesanan dan dikemas.

  • Pengiriman (Shipping)

Ketika pesanan sudah siap dikirim, produk tersebut langsung dikirimkan kepada konsumen.

  • Pengembalian (Returns)

Pemrosesan pengembalian merupakan langkah lain dalam proses pemenuhan pesanan. Pengembalian produk dapat secara langsung dikirimkan ke fasilitas penyimpanan anda untuk proses perbaikan atau penggantian.

Seperti yang dapat anda lihat, pemenuhan pesanan merupakan proses dengan banyak langkah di dalamnya, dan tentunya memiliki potensi terjadinya kesalahan dalam setiap langkahnya. Memilih dan mengelola strategi pemenuhan pesanan dapat membantu anda untuk menentukan kesuksesan bisnis anda baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Strategi Pemenuhan Pesanan (Order Fulfillment) e-Commerce yang Populer Digunakan

Setiap perusahaan tentunya memiliki poin uniknya masing-masing, begitu juga dengan strategi pemenuhan yang mereka gunakan.  Tidak semua strategi yang mereka gunakan akan sesuai untuk bisnis anda. Oleh karena itu, sebelum memilih strategi mana yang akan anda ikuti ada baiknya jika kita pahami secara mendalam terlebih dahulu beberapa strategi pemenuhan pesanan yang populer digunakan dalam bisnis e-commerce:

Pemenuhan Pesanan Secara Langsung (Direct Fulfillment)

Biasa dikenal dengan in-house order fulfillment, strategi pemenuhan ini merupakan pemenuhan yang dilakukan oleh pelaku bisnis secara mandiri. Strategi ini merupakan titik mula bagi anda yang memiliki bisnis berskala kecil atau masih memproduksi produknya sendiri. Tetapi, hal ini juga dapat digunakan oleh perusahaan berskala besar yang memiliki tempat dan pengoperasian tempat penyimpanan produknya sendiri. Strategi ini terlihat berbeda untuk setiap bisnis dari setiap ukuran.

Kelebihan Direct Fulfillment

  • Memegang kendali penuh atas operasi pemenuhan pesanan
  • Dapat menambahkan sentuhan pribadi pada pesanan anda
  • Strategi ini dapat menghemat pengeluaran, tergantung pada ukuran bisnis anda
  • Tidak perlu menegosiasikan kontrak bisnis dengan pihak lain

Kekurangan Direct Fulfillment

  • Strategi ini membutuhkan banyak waktu dan energi yang dapat diarahkan ke tempat lain
  • Dibatasi dalam memberikan opsi pengiriman yang anda tawarkan kepada konsumen
  • Membutuhkan banyak tempat penyimpanan dan ruang kerja, tergantung dari ukurannya
  • Tidak dapat menerapkan promo diskon untuk pengiriman produk

Drop-Shipping

Hal ini merupakan strategi pemenuhan pesanan dimana anda membayar pemenuhan saat pesanan dari anda masuk, biasanya dari vendor atau pemasok produk yang berkaitan. Ketika konsumen memesan, pesanannya langsung diarahkan kepada drop-shipper yang mengambil, mengemas, dan mengirimkan produk tersebut atas nama anda. Anda kemudian akan dikenakan biaya untuk pesanan tersebut. Strategi ini bekerja dengan baik dengan bisnis e-commerce yang memilih untuk tidak memiliki inventaris apa pun sendiri, tetapi memerlukan tingkat pemasaran tertentu.

Kelebihan Drop-Shipping

  • Tidak perlu membeli, menyimpan, dan mengelola inventaris produk anda sendiri
  • Dapat menawarkan varian produk yang lebih luas tanpa mengkhawatirkan tentang ruang atau overhead
  • Biaya overhead yang rendah karena biaya operasional yang juga rendah
  • Hanya perlu membayar produk yang dipesan setelah dikirimkan pada konsumen

Kekurangan Drop-Shipping

  • Tidak memiliki kendali atas pengemasan dan pengiriman untuk pesanan dari customer anda
  • Masih menangani layanan pelanggan, jadi anda harus tetap berkomunikasi dengan drop-shipper anda secara langsung
  • Margin keuntungan akan lebih sempit karena anda bekerja dengan menggunakan jasa dari perantara
  • Lebih sulit untuk membangun brand anda karena produk dimiliki oleh pihak lain dan dikemas di tempat lain

Pemenuhan Pesanan Melalui Pihak Ketiga (Third-Party Fulfillment Services)

Jasa pemenuhan pesanan ini melibatkan penyerahan detail pemenuhan pesanan pada penyedia pihak ketiga. Perusahaan anda akan tetap bertanggung jawab untuk membeli atau memproduksi inventaris anda, tetapi anda akan mengandalkan perusahaan lain untuk menyimpan, mengambil, mengemas, dan mengirimkannya. Ketika konsumen produk anda melakukan pemesanan, pesanan tersebut langsung terarah pada penyedia jasa pihak ketiga yang mengambil produk dari lokasi penyimpanannya di gudang mereka lalu mengemas dan mengirimkannya pada customer.

Kelebihan Penggunaan Third-Party Fulfillment Services

  • Dapat memiliki lebih banyak waktu untuk berfokus pada aspek bisnis lainnya.
  • Tetap dapat mengakses data penting tentang inventaris dan penjualan anda.
  • Mendapatkan keuntungan dari pengurangan biaya pengemasan dan penerapan diskon pengiriman.
  • Dapat menawarkan kepada konsumen anda akan opsi pengiriman yang lebih cepat.

Kekurangan Penggunaan Third-Party Fulfillment Services

  • Mengurangi kendali anda atas bagaimana produk dikemas dan dikirim
  • Harus senantiasa berkomunikasi dengan penyedia pemenuhan pesanan anda untuk memastikan semuanya berjalan lancar
  • Anda mungkin bukan satu-satunya klien yang mereka miliki dan harus berbagi ruang penyimpanan dengan orang lain

Kunci untuk memaksimalkan keuntungan dan efisiensi dari bisnis e-commerce anda adalah dengan memilih strategi pemenuhan pesanan yang tepat. Kecepatan, keakuratan, dan efisiensi dalam memenuhi pesanan anda berdampak langsung pada kepuasan konsumen yang juga mempengaruhi keuntungan anda.

Jika anda membutuhkan bantuan dari pemenuhan pesanan untuk bisnis berbasis e-commerce milik anda pada marketplace ataupun toko online anda sendiri, Gudangku.id. hadir untuk membantu anda.

.

Leave a Reply