Tips Packing Barang Bisnis Online Shop

Packing di dalam gudang

Packing barang sangat penting untuk Anda ketahui. Bisnis online shop pasti melibatkan proses pengemasan dan pengiriman. Anda pasti akan melakukan dua proses tersebut jika menjalankan bisnis online shop. Pengemasan dan pengiriman dilakukan karena produk akan sampai ke tangan pembeli melalui proses pengiriman, bukan diambil langsung ke penjual. Hal ini lumrah dilakukan karena semua bisnis online shop pasti melakukan dua hal tersebut. Jika Anda memiliki bisnis online shop atau baru akan memulai bisnis online shop, Anda perlu tau serba-serbi terkait kedua proses ini.

Mengatahui beberapa tips packing barang atau tips pengemasan agar produk bisa tetap aman meskipun melalui proses pengiriman bisa membantu Anda. Dengan begitu, produk Anda akan sampai dengan selamat ke tangan pembeli. Apabila kedua proses ini bisa dilakukan dengan baik, maka Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Pengiriman jarak jauh maupun jarak dekat bisa dilakukan apabila Anda mengemas produk anda dengan tepat. Jika tidak, produk-produk Anda tidak bisa dipasarkan ke pasar yang lebih luas apabila Anda tidak mampu melakukan pengiriman. Proses ini memegang peran yang krusial dalam bisnis online karena satu-satunya cara agar produk bisa sampai ke tangan pembeli adalah melalui proses pengiriman tersebut.

Untuk memaksimalkan proses pengiriman dan melindungi produk, Anda perlu jeli dalam proses packing atau pengemasan. Proses packing ini akan menentukan apakah produk Anda akan sampai dengan selamat atau tidak ke tangan pembeli. Proses packing barang yang tepat akan melindungi produk Anda selama proses pengiriman berlangsung. Ada beberapa tips packing barang untuk bisnis online shop yang bisa Anda coba.

Gunakan kemasan yang aman

Sebelum melakukan proses packing, Anda harus memastikan bahwa produk Anda memiliki kemasan yang aman pula. Kemasan masing-masing jenis produk tentu akan berbeda. Produk makanan akan dikemas berbeda dengan produk pakaian. Akan berbeda pula dengan kemasan yang digunakan untuk produk barang pecah belah. Masing-masing jenisnya pun akan berbeda. Kemasan barang pecah belah dari bahan kaca dan keramik akan berbeda. Pengemasan makanan kering dan makanan basah pun jelas berbeda. Setiap jenis produk memiliki kemasan terbaiknya sendiri.

Anda sebagai pemilik bisnis adalah yang paling tau kemasan yang terbaik untuk produk Anda. PR Anda adalah menjadikan kemasan yang bukan hanya menarik dan unik, tapi juga aman untuk melindungi produk Anda. Tips packing barang apapun tidak akan berguna jika kemasan utama produk Anda belum bisa melindungi produk itu sendiri. Jadi, pastikan bahwa produk Anda memiliki kemasan yang aman dan bisa melindungi produk di dalamnya.

Packing produk secara berlapis

Kunci utama dari tips packing barang untuk bisnis online shop adalah packing produk secara berlapis. Satu lapisan kemasan tidak akan mampu melindungi produk yang akan Anda kirimkan ke pembeli. Semakin banyak lapisan kemasan akan semakin terlindungi produk tersebut.

Anda bisa membuat lapisan-lapisan kemasan untuk melindungi produk Anda. Biasanya, lapisan kemasan yang digunakan adalah plastik, bubble wrap dan kardus. Tambahkan kelengkapan packing sesuai kebutuhan Anda. Masing-masing produk memiliki kebutuhan packing-nya sendiri. Sesuaikan tips packing barang ini dengan bisnis online shop yang Anda kelola.

Wajib menggunakan menggunakan bubble wrap

Bubble wrap adalah lapisan kemasan yang wajib Anda gunakan. Tips packing barang untuk bisnis online shop yang satu ini wajib Anda ikuti. Bubble wrap punya peran penting dalam urusan proses packing. Lapisan bubble wrap akan melindungi produk Anda dengan menahan tekanan dari luar selama proses pengiriman. Produk Anda akan tetap terlindungi jika menggunakan bubble wrap.Walaupun barang Anda akan ditumpuk dengan barang-barang lain,

Semua produk memerlukan bubble wrap sebagai lapisan kemasannya. Mulai dari produk makanan hingga produk pecah belah sekalipun pasti membutuhkan bubble wrap.

Memilih kardus pelindung

Selanjutnya yaitu kardus. Kardus bisa melindungi produk Anda selama proses pengiriman. Anda juga bisa memunculkan kesan yang lebih rapi jika menggunakan kardus untuk packing barang yang Anda jual. Pilihlah kardus yang sesuai dengan ukuran barang Anda. Ketebalan kardus yang akan digunakan juga perlu Anda pertimbangkan. 

Melapisi produk dengan plastik

Plastik merupakan lapisan packing yang juga wajib digunakan. Plastik bisa melindungi produk Anda dari air atau gangguan lain yang mungkin ada selama proses pengiriman ke pembeli berlangsung. Biasanya lapisan plastik digunakan di lapisan terluar packing. Penggunaan plastik di lapisan terluar packing ini dilakukan sesuai tujuan penggunaan plastik yaitu melindungi produk dari air atau gangguan lainnya. Jika Anda hanya menggunakan lapisan kardus, ada kemungkinan produk Anda akan basah jika terkena air. Namun, produk Anda akan lebih terjaga apabila ada lapisan plastik di luarnya.

Packing kayu jika dibutuhkan

Ada baiknya Anda menggunakan packing kayu agar produk-produk Anda lebih aman jika Anda akan melakukan pengiriman dalam jumlah besar. Packing kayu juga sebaiknya digunakan untuk produk pecah belah seperti produk berbahan kaca dan keramik. Untuk produk-produk yang tidak perlu perlakuan khusus seperti pakaian, Anda tidak wajib menggunakan lapisan packing ini. Namun, jika Anda tetap bisa menggunakannya jika Anda mengirimkan produk dalam jumlah yang banyak. Packing kayu bisa membantu menahan produk dari tekanan barang-barang yang ditumpuk di atas atau di sekitar produk Anda.

Tempelkan stiker peringatan

Stiker peringatan perlu Anda tempelkan di atas barang yang sudah selesai Anda packing. Stiker ini bisa menjadi penanda bahwa produk yang Anda kirim perlu perlakuan khusus sehingga produk Anda tidak akan dilempar atau diletakkan di tempat yang tidak aman.

Ini akan sangat berguna untuk pengiriman produk-produk keramik, kaca dan produk pecah belah lainnya. Stiker peringatan ini juga bisa Anda gunakan jika produk bisnis online shop Anda adalah produk makanan. Tempelkan stiker ini, agar produk Anda diperlakukan dengan lebih berhati-hati.

Pilih jasa ekspedisi pengiriman terbaik

Sebagus apapun packing barang yang Anda lakukan, proses pengiriman produk Anda tetap bisa jadi tidak aman jika jasa ekspedisi yang digunakan tidak tepat. Anda perlu teliti memilih penyedia jasa ekspedisi yang bisa dipercaya untuk menjadi agen pengiriman produk dari tempat Anda ke tempat pembeli. Anda bisa membaca beberapa penilaian pelayanan dari calon jasa ekspedisi yang akan digunakan untuk mengetahui bagaimana penilaian orang terhadap jasa ekspedisi tersebut. Semakin bagus penilaian orang, semakin terpercaya jasa ekspedisi tersebut.

Baca juga artikel kami lainnya yang berkaitan dengan gudang online dan tips tips menarik lainnya, artikel gudangku.

Leave a Reply