Usaha Yang Sedang Trending

Menjalankan bisnis perlu perencanaan yang tepat. Anda harus menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, setelah itu anda harus mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, anda juga perlu memahami kemampuan dalam menjalankannya.

Pada artikel ini, kami akan menulis beberapa peluang usaha yang menjanjikan dan mempunyai potensi keuntungan yang baik. Dengan demikian, anda tidak perlu melakukan riset sendiri, dan bisa memilih manakah yang paling sesuai untuk dengan potensi anda.

1. Membuat Usaha Gudang Online

Gudangku.id

Gudang online merupakan gudang yang umumnya diperuntukkan bagi pelaku usaha online. Gudang online biasanya berada di gedung atau ruko dan menggunakan ruang-ruang yang tak terpakai. Selain itu, kegiatan bisnis online juga melibatkan pengemasan dan pengiriman. Nah, keseluruhan sistem dari penyimpanan barang di gudang hingga pengiriman ini juga dikenal dengan istilah fulfillment.

Modal awalnya memang besar, namun untung yang didapatkan pun sangat berlimpah, karena pasti banyak para pengusaha online yang membutuhkan jasa gudang online.

Menyimpan stok barang di gudang online merupakan pilihan paling tepat bagi anda yang sedang merintis bisnis online shop, apalagi bila jumlah barang yang perlu distok cukup banyak. Dengan menyimpan barang di gudang online, anda tak perlu lagi menggunakan ruang tamu rumah sebagai gudang penyimpanan barang dagangan.

Contoh gudang online yang sudah terjamin kualitasnya yaitu gudangku. Berbagai skala bisnis, mulai dari E-commerce di semua marketplace, toko online di seluruh media sosial, brand resmi, toko online yang ingin memperbesar sistem operasional dan permintaan customer, dapat bekerjasama dengan gudangku.

2. Menjadi Dropshipper

Secara teknis, dropshipping merupakan proses pengiriman barang secara langsung ke pelanggan anda dari pemasok yang merupakan pihak ketiga atau “vendor”. Proses ini dilakukan tanpa perantara lainnya semacam menyimpan barang terlebih dahulu di lokasi tertentu milik anda.

Secara sederhana, dropshipping hampir mirip seperti bisnis reseller yang selama ini mungkin sudah sering anda dengar.

Pada dropshipper, pihak penjual tidak melakukan kegiatan menstok barang, dan penjual ini juga tidak juga ikut serta dalam proses pengiriman barangnya ke pemesan. Penjual ini cuma meneruskan pesanan dari pihak pembeli ke pihak supplier-nya. Dan nantinya, pihak supplier yang akan mengirim barang tersebut ke pihak pembeli atas nama si penjual tadi.

Apa manfaat atau keuntungan dropshipping?

  • Modal Kecil
  • Mudah dijalankan
  • Lokasi dan Waktu Berjualan Fleksibel
  • Pilihan Produk yang Mau dijual Sangat Variatif
  • Tidak Terlalu Menghabiskan Waktu, Tenaga dan Pikiran

3. Affiliate Marketing

Sederhananya, Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).

Tak selamanya yang bergabung ke dalam program afiliasi adalah individu. Sekelompok orang atau bahkan perusahaan dipersilakan untuk mengikuti program afiliasi yang tersedia.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem Affiliate Marketing, yaitu:

  • Merchant: Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.
  • Affiliate: Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing semakin meningkat. Saking banyaknya perusahaan yang mengadakan program ini, Anda harus benar-benar selektif. Pilihlah program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda agar bisa memperoleh hasil yang terbaik serta menguntungkan.

4. Usaha Rental Mobil

Kebutuhan transportasi terlebih di Indonesia menjadi hal pokok bagi orang-orang Indonesia. Hal tersebut menjadikan bisnis rental mobil menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak akan pernah mati di Indonesia. mulai dari kebutuhan untuk rekreasi hingga kebutuhan bisnis menjadikan mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling dibutuhkan oleh orang-orang Indonesia.

Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju menghasilkan lapangan kerja baru yaitu sebagai sopir atau driver taksi online. Hal inilah yang menjadi peluang baru bagi pengusaha rental mobil. Buat anda yang baru ingin terjun ke bisnis, rental mobil nampaknya bisa jadi pilihan untuk memulai bisnis.

Memulai bisnis rental mobil berarti anda harus memiliki mobil yang akan disewakan. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah anda. Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV/minibus yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit.

Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya. Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil dan juga kebutuhan.

5. Jualan produk kecantikan 

Jualan produk kecantikan juga menjadi peluang usaha rumahan yang paling menggiurkan. Karena kamu gak harus memiliki keahlian untuk membuat kosmetik, cukup jadi dropshipper dan menjualnya secara online, kamu bisa dapat banyak keuntungan. 

Produk kosmetik yang paling dicari biasanya, kosmetik-kosmetik yang terbuat dari herbal, pemutih kulit, pengurus badan,penghilang jerawat, dan lain-lain. 

Kalau kamu pengin punya brand sendiri, tinggal ajak kerja sama dokter atau klinik kecantikan yang memang sudah terpercaya. Minta mereka buatkan satu produk, misal pemutih badan atau penghilang jerawat, kemudian tinggal kamu pasarkan ke internet menggunakan brand kamu sendiri. 

6.  Makelar properti

Siapa bilang makelar properti harus pergi keluar untuk menawarkan rumah? Sekarang zaman sudah semakin canggih, kamu bisa jualan nawar-nawarin ke orang cuma lewat ponsel pintar saja. 

Tinggal unggah foto-foto rumah yang mau kamu jual ke platform jual beli rumah, seperti OLX, rumah.com, rumah123, atau Lamudi. Tapi pastikan kalau foto yang kamu pasang memiliki kualitas yang bagus dan detail. Hal ini untuk menarik perhatian lebih banyak calon pembeli. 

Meski dijalankan dari rumah, bisnis ini bisa mendapatkan banyak keuntungan lho! Terutama dari komisi yang diberikan si pemilik rumah. 

7. Jasa desain grafis

Kalau anda jago gambar, entah itu gambar logo, brand, desain untuk band dan lain sebagainya, bisa membuka jasa desain grafis lewat Instagram. Pajang hasil karya anda di Instagram sertakan dengan caption dan hastag yang bisa mengundang banyak orang. 

Jasa ini paling banyak dicari oleh mereka-mereka yang terjun ke industri kreatif seperti distro. Cuma bermodalkan komputer khusus desain, internet, dan keahlian menggambar tentunya, kamu sudah bisa meraup banyak keuntungan. 

Kamu bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Biasanya sih berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta untuk satu desain. 

Selain 7 contoh usaha rumahan yang lagi trend di atas, sebenarnya masih banyak peluang usaha yang bisa kamu pilih. Entah itu dari bidang jasa, bidang kuliner, atau jual beli barang masih diprediksi laku keras. 

Jualan kopi susu masih bakal laku sepanjang tahun. Kemudian juga jual aksesoris ponsel pintar seperti casing penuh motif, power bank, atau kabel data juga masih ramai bertebaran di Instagram. 

Satu lagi adalah minuman-minuman boba yang lagi hits saat ini. Bisa kamu jual thai tea dengan boba, kemudian milk shake dengan boba, jual deh via ojek online, dijamin banyak yang pesen. 

Leave a Reply